clock

Recent Posts

Senin, 21 Februari 2011

"Transformer" ala NASA

Yang sudah nonton film Transformers pasti merasa bahwa mobil yang bisa berubah jadi robot adalah khayalan semata. Eits, jangan salah, NASA sudah merancang robot yang menyerupai tokoh di film fiksi ilmiah itu. Terdiri dari 100 modul, robot ini tahan dijatuhkan dari pesawat udara ke gurun pasir, berubah bentuk jadi rover yang mampu mengarungi pasir, kemudian muncul “kaki” yang memungkinkan dia mendaki.

Tapi sejauh ini baru 20 modul saja yang terbangun sejak proyek ambisius ini dimulai sejak dua tahun lalu.
“Kita bisa membuat banyak robot yang berbeda dengan kemampuan berbeda, namun itu pasti akan sangat mahal,” jelas Wei-Min Shen, direktur Polymorphic Robotics Laboratory di University of Southern California.

Superbot, begitu namanya, memang tidak bisa bertransformasi menjadi truk atau jet F-22 seperti robot gargantuan di film Transformers. Namun para peneliti berharap robot modular ini kelak mampu memutuskan sendiri kapan harus berubah bentuk dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Sejauh ini Superbot diatur agar bisa mengkombinasikan bentuk dengan dua, empat atau enam kaki, bergerak seperti ular robotik . Enam modulnya mampu membentuk gerakan berguling dan sejumlah kombinasi lain. Siapa yang berminat memilikinya? Selain NASA sendiri, tentu saja sejumlah cabang militer Amerika Serikat sangat tergiur untuk memperkuat pasukannya dengan Superbot.

0 komentar:

Posting Komentar

'zyz'iqbal Fan Page