clock

Recent Posts

Rabu, 09 Februari 2011

Hitech – Playstation Jailbreak


Breaking the Playstation 3
Sehubungan dengan kemajuan teknologi, dunia console semakin terus berkembang, demikian pula dengan dunia hacker yang terus berusaha membongkar sekuriti terdapat dalam setiap platform gaming. Berita tentang console Xbox 360 yang berhasil di-“hack” oleh komunitas modder telah diketahui beberapa saat yang lalu. Namun tidak lama setelah perkembangan berita ini, dunia gaming kembali dikejutkan dengan berita Playstation 3 yang kali ini ikut berhasil di-hack.
Playstation 3 adalah console generasi ketujuh yang dibuat oleh perusahaan Sony. Console ini menjadi platform pertama kali yang menggunakan teknologi blu-ray disc, dan dipercayai sebagai platform yang tidak pernah bisa di-hack akibat sistem sekuritinya yang sangat kuat. Playstation 3 hanya bisa membaca disc original blu-ray, dan menggunakan sistem firmware dengan proteksi berlapis. Ditambah biaya mesin yang cukup mahal, kebanyakan hacker tidak mau bersusah-payah mencoba membongkar Playstation 3.
 
Meet George Hotz a.k.a. “geohot”
George Francis Hotz (lahir tanggal 02 Oktober 1989), atau lebih dikenal dengan alias “geohot”, adalah seorang hacker terkenal yang telah sukses membongkar sekuriti iPhone. Prestasi hacking terakhirnya dalam dunia iPhone adalah keberhasilan menerobos sekuriti iPhone 4 dengan iOS 4.0, sebelum akhirnya George Hotz memutuskan untuk meninggalkan dunia hacking iPhone karena dianggap sudah tidak menarik seperti sebelumnya.
Sekitar awal tahun 2010, George Hotz mengklaim bahwa dirinya berhasil mengekploit sekuriti Playstation 3 sehingga memberikan full akses dalam sistem memori PS3 tersebut. Namun sayangnya eksploit hack ini hanya bisa dilakukan melalui sistem “OtherOS”. Dalam waktu singkat pihak Sony langsung melakukan update firmware PS3 terbaru yang menghilangkan fitur “OtherOS” tersebut. Barulah pada bulan Agustus 2010, George Hotz menyatakan telah berhasil menerobos seluruh sekuriti PS3 dengan produk hack terbarunya, “Playstation Jailbreak”.
 
Playstation Jailbreak
Playstation Jailbreak adalah chipset USB yang memungkinkan untuk memainkan game-game “homebrew” PS3 secara ilegal, dengan cara melakukan backup ke dalam HDD PS3. Playstation Jailbreak untuk sekarang ini hanya dapat berfungsi dalam PS3 firmware ver 3.41. Pihak Sony telah merilis update firmware versi terbaru yang memblokir fungsi Playstation Jailbreak. Tapi seperti layaknya adegan kejar-kejaran antara kucing dengan anjing, Playstation Jailbreak juga dikabarkan akan merilis update terbaru yang dikatakan bisa berfungsi pada update firmware PS3 terbaru.
Selain PS Jailbreak, ada juga program-program “open source” lainnya yang mempunyai fungsi mirip dengan PS Jailbreak. George Hotz telah ikut merilis sebuah program baru bernama PSDowngrade, program ini berfungsi untuk men-downgrade firmware Playstation 3 menjadi versi 3.41 yang kompatibel dengan PS Jailbreak.
 
Cara kerja PS Jailbreak adalah dengan memanfaatkan fasilitas USB yang disediakan oleh Playstation 3. USB ini disertakan chipset khusus yang berisikan program PS Jailbreak. PS Jailbreak akan memodifikasi sistem firmware PS3 sehingga pemain dapat memainkan game mereka tanpa harus menggunakan disc original. Sepintas cara kerja PS Jailbreak mirip dengan cara kerja sistem “software protection dongle”. Dongle adalah sebuah hardware kecil yang terkoneksi dengan komputer utama (atau console PS3 dalam kasus ini), yang tujuan utamanya justru malah memproteksi sistem dari serangan software luar. Ironisnya prinsip kerja sistem dongle ini digunakan oleh PS Jailbreak untuk menerobos pertahanan sistem firmware PS3.
Pihak Sony telah memulai tuntutan hukum di beberapa wilayah seperti negara Amerika Serikat, Eropa, dan juga Asia yang melarang penjualan/distribusi produk PS Jailbreak, karena produk ini ditetapkan sebagai produk ilegal.
 
What are the Advantages on jailbreaking Playstation 3?
Berikut adalah kelebihan-kelebihan yang bisa diperoleh dengan menggunakan PS Jailbreak:
- Proses instalasi Plug & Play yang mudah dan cepat.
- Pemain dapat melakukan backup data game original ke dalam HDD internal atau eksternal.
- Proses loading sebuah game melalui HDD berjalan lebih cepat daripada bermain dengan disc original.
- Pemain dapat memainkan game-game buatan homebrew.
- Berjalan kompatible baik untuk PS3 FAT ataupun PS3 SLIM.
- PS Jailbreak secara otomatis menghilangkan fitur update firmware agar tidak terkena resiko mengalami kerusakan console (brick).
 
What are the Disadvantages on jailbreaking Playstation 3?
Meskipun PS Jailbreak mempunyai banyak sekali fungsi yang menarik, hal ini bukan berarti kalau produk ini tidak mempunyai kekurangan:
- Pemain akan kehilangan garansi console PS3-nya.
- Pemain tidak bisa menikmati permainan online karena membutuhkan update firmware terbaru, dan juga adanya resiko terkena blokir/ban.
- Meskipun PS Jailbreak dikatakan kompatibel dengan PS3, produk ini masih mempunyai resiko dapat merusak sistem console PS3 tersebut.
- Tidak semua game-game dapat berjalan sempurna dalam PS Jailbreak, terutama game-game baru yang membutuhkan update firmware 3.55 keatas.
 
The Bottomline
Fungsi-fungsi yang diperlihatkan oleh PS Jailbreak memang sangat berguna, terutama bagi pemain yang ingin membackup data-data game mereka ke dalam HDD. Namun sayang pemain tidak bisa menikmati seluruh fitur original dari Playstation 3 jika mereka memutuskan untuk jailbreaking PS3 tersebut. Pada akhirnya, produk PS Jailbreak ini bagaikan pedang bermata dua, di satu sisi pemain dapat menikmati permainan game tanpa harus menggunakan disc original, namun di sisi lainnya pemain juga harus rela mengorbankan fitur-fitur original lain, seperti kemampuan bermain online sebagai contohnya. –Rick

0 komentar:

Posting Komentar

'zyz'iqbal Fan Page