clock

Recent Posts

Rabu, 09 Februari 2011

Playstation 3 Solid State Drive


Physical Storage in Playstation 3
Hard disk laptop, seperti yang biasa digunakan dalam Playstation 3, hanya membutuhkan ruang yang kecil untuk ditempatkan. Namun menjadi kecil biasanya membutuhkan sebuah kompromi, HDD seperti ini sering mendapatkan performa yang kurang dikarenakan pihak manufaktur lebih mengutamakan konsumsi sumber daya yang lebih kecil. Hasilnya dengan penampilan yang kecil dan kebutuhan sumber daya yang lebih ringan, HDD laptop menampilkan performa yang tidak setara dengan HDD biasanya.
Pihak Sony telah lama menginginkan dimensi ruang yang lebih kecil untuk hard disk yang digunakan dalam Playstation 3. Itu sebabnya mereka menggunakan hard disk laptop sebagai solusi tempat penyimpanan data tersebut. Akibatnya, pemilik Playstation 3 harus bisa puas dengan hard disk laptop yang menampilkan performa lebih lambat. Sistem console Playstation 3 juga tidak terlalu banyak membantu dalam masalah ini, apalagi setiap kali kita mencoba install sebuah game, atau load dan memainkan game tersebut, kita selalu diingatkan oleh console tentang lambatnya performa hard disk Playstation 3 tersebut. Solusi alternatif yang biasa digunakan adalah dengan menggantikan hard disk 5400rpm dengan 7200rpm, namun hal ini hanya meningkatkan performa yang tidak terlalu signifikan.
 
Solid State Drive Upgrade
Baru-baru ini Sony memperkenalkan solusi terbaru dalam permasalahan seputar performa HDD yang dipakai oleh Playstation 3, yakni dengan mengganti HDD tersebut dengan Solid State Drive (SSD). SSD bisa dikatakan sebagai “teknologi next-gen” dalam bidang tempat penyimpanan data, produk ini bukanlah sesuatu yang baru dalam komunitas PC, hanya saja produk ini mempunyai harga yang lebih mahal daripada HDD biasanya. HDD biasa menggunakan peralatan elektronik seperti disk yang berputar dan alat motorik untuk menggerakan “disk read/write head”, peralatan seperti ini membutuhkan daya tambahan dan dapat menghasilkan emisi panas. Sedangkan SSD sama sekali tidak mempunyai peralatan elektronik seperti yang digunakan oleh HDD, bagian dalam perangkat SSD seluruhnya menggunakan NAND flash memory seperti yang biasanya dipakai oleh Memory Card atau USB Storage.
Dengan sistem microchip yang digunakan, SSD tidak mempunyai bagian perangkat elektronik yang butuh tenaga tambahan ataupun beresiko menghasilkan panas yang berlebihan. SSD juga tidak berisik ketika sedang beroperasi, serta menghasilkan kinerja performa yang jauh lebih tinggi daripada HDD pada umumnya.
Salah satu yang menjadi masalah dengan SSD adalah harga jualnya yang terbilang tinggi, produk ini bukanlah barang yang murah, harga sebuah SSD berkapasitas 60GB sekarang ini dijual dengan kisaran harga $100-$150, sedangkan harga 512GB SSD bisa mencapai sekitar $800-$1200 US Dollar. Harga jual ini terbilang cukup tinggi terutama dalam kalangan dunia gaming dimana harga console saja hanya mencapai kisaran $300-$500 US Dollar.
 
SSD Performance
Hasil uji test komputer dengan menggunakan 256GB Samsung MMDOE56G5XMP SSD memperlihatkan performa yang cukup tinggi dengan kecepatan read speeds pada 220MB/s, dan kecepatan write speeds berkisar antara 160MB/s sampai dengan 190MB/s. Sebagai bahan perbandingan, HDD Stok Playstation 3 Slim memperlihatkan hasil test kecepatan read speeds 65MB/s dan kecepatan write speeds 48MB/s. Secara kebetulan kecepatan performa HDD Playstation 3 Slim memang terbukti lebih cepat daripada HDD Stok Playstation 3 Original, dimana Playstation 3 Original hanya menampilkan kecepatan read speeds dan write speeds pada 32MB/s. Pada akhirnya produk SSD Samsung tersebut dipakai sebagai bahan uji menggunakan Solid State Drive untuk Playstation 3.
 
Proses installasi SSD ke dalam mesin Playstation 3 Slim berjalan cukup mudah, selain dari masalah sekrup yang terlalu ketat, proses pemasangan SSD ini dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. SSD menggunakan koneksi SATA sebagai koneksi drivenya, konektor ini mempunyai ukuran dan bentuk yang kompatibel dengan Playstation 3 hard drive tray. Proses pemasangan SSD untuk Playstation 3 Original dan Slim dapat dikatakan berjalan sama saja, pengecualian hanya perbedaan dari letak posisi hard drive slot.
 
Playstation 3 Slim SSD Performance
Setup:
Playstation 3 Slim Stock HDD – Hitachi 5K500 120GB
Samsung MMDOE56G5XMP 256GB SSD
 
Performance Result
Berdasarkan dari performa hasil test yang ditampilkan, kecepatan write speeds SSD Samsung yang luar biasa cepat ketika dipasang di komputer, ternyata tidak memberikan pengaruh apa pun ketika dicoba untuk menginstall game-game Playstation 3 dari Blu-Ray disk. Kecepatan install stok HDD PS3 Slim berjalan serupa dengan kecepatan install Samsung SSD. Limitasi kecepatan ini terjadi akibat batas kecepatan membaca PS3 Slim 2X Blu-Ray drive, dimana drive ini hanya mempunyai kecepatan maksimal sebatas 9MB/s.
 
Kecepatan write speeds hanya membawakan pengaruh yang tidak terlalu signifikan dalam Playstation 3. Pada dasarnya kebanyakan pemain hanya akan menginstall game mereka satu kali saja. Seterusnya pemain menghabiskan sisa waktu mereka untuk loading save data, menunggu permainan di mulai, atau menjalankan game yang telah di-install tersebut melalui Cross Media Bar PS3 Slim. Pada situasi bermain ini, performa SSD terbukti lebih unggul daripada HDD Stok PS3 Slim. Waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan permainan atau load save data terbukti lebih cepat dilakukan oleh SSD daripada HDD Stok biasa. Namun sekali lagi kemampuan performa baca SSD yang seharusnya bisa lebih superior lagi, kembali terbatasi akibat Blu-Ray drive dalam PS3 Slim. Waktu loading masih tetap tidak bisa dihilangkan seluruhnya, hal ini terjadi karena disk game tersebut masih tetap harus diakses oleh Blu-Ray drive, meskipun data game tersebut telah di-install ke dalam SSD.
 
Conclusion: A Mixed Feeling…
Dengan harga SSD yang hampir setara dengan harga dua buah console sekarang ini, rasanya sulit untuk dikatakan bahwa SSD adalah solusi paling tepat untuk masalah penyimpanan data dalam Playstation 3. Pemain bisa mendapatkan keuntungan seperti waktu loading atau membaca save data yang lebih cepat melalui SSD. Tetapi dengan harga yang relatif tinggi, SSD bukanlah solusi yang paling efisien dalam menyelesaikan masalah ini.
 
Performa SSD yang superior tidak bisa dirasakan sepenuhnya oleh pengguna Playstation 3. Hal ini terjadi akibat limitasi kecepatan membaca Blu-Ray drive yang tidak mampu setara dengan kecepatan SSD yang sesungguhnya. Secara singkatnya, teknologi SSD terbukti membantu meningkatkan performa dalam waktu loading atau bermain game, tetapi peningkatkan kualitas ini tidak setara dengan biaya yang dibutuhkan… setidak untuk sekarang ini. Untuk sementara ini GameStation merekomendasikan untuk menggunakan HDD Playstation 3 yang biasa, sampai suatu saat harga SSD menjadi lebih terjangkau… SSD sebaiknya digunakan untuk perangkat komputer yang mampu menjalankan kemampuan SSD secara maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

'zyz'iqbal Fan Page