clock

Recent Posts

Rabu, 09 Februari 2011

playstation move


PlayStation Move adalah sebuah pheripheral, motion-sensing game controller untuk konsol PlayStation 3. Sebelum diberi nama Playstation Move, Sony memberinya nama PlayStation Motion Controller. Banyak orang yang mengatakan bahwa kontroler tersebut mengambil basic desain dari Wii-mote controller. Untuk mengoperasikannya, gamer memerlukan PlayStation Eye webcam untuk mendeteksi posisi dan lokasi dari wand, sedangkan sensor di dalam wand berfungsi untuk mendeteksi gerakan. Seperti halnya kontroler wii, Playstation Move dapat ditambahkan sub-controller. Di masa mendatang, rencananya sony bakal merilis berbagai macam bundle Playstation Move, macam starter kit yang berisikan Playstation eye, Move motion controller, dan sebuah Motion Control game. Bundle tersebut rencananya akan dijual kurang dari US$100

Sekarang mari kita lihat sejarah perkembangan Playstation Move:
Pengembangan Playstation Move dimulai secara jelas pada tahun 2008. Namun beberapa tahun sebelumnya, sebenarnya Sony sudah melakukan berbagai macam eksperimen dengan mempergunakan Eye Toy. Lalu mereka pun mencoba untuk menyertakan sebuah sensor terpisah dan dengan software terpisah pula langsung ke dalam kontrolernya. Alhasil muncullah prototipe pertamanya yang diperagakan pada E3 2009 Sony press confrence kemarin. Pada TGS 2009, Sony kemudian memperlihatkan demo dimana Playstation Move di pergunakan, dikombinasikan bersama dengan dualshock pada PlayStation 3 Wireless Controller melalui permainan Biohazard 5: Alternative Edition. Banyak pengunjung kemudian memberikan masukan bahwa memegang dua buah kontroler yang berbeda sangatlah tidak nyaman. Saat itu, sudah beredar rumor pula yang mengatakan bahwa Sony tengah mengembangkan supplementary/ optional controller macam Nunchuck pada Wii-mote. Pada bulan Januari 2010 lalu, secara resmi Sony mengumumkan mengenai rencana peluncuran kontroler sekitar quartal ke 3 dan 4 tahun ini. Dan pada tanggal 10 Maret lalu, Sony mengumumkan nama resmi dan logo kontroler tersebut dalam event Game Developers Conference, sekaligus memperlihatkan desain resmi PlayStation Move sub-controllernya.
Design

Seperti halnya dengan PlayStation Wireless Controllers (Sixaxis, DualShock 3), baik PlayStation Move motion controller dan PlayStation Move sub-controller akan mempergunakan Bluetooth 2.0 wireless radio communication. Kedua alat akan disupport oleh internal lithium-ion battery yang dapat diisi ulang via USB Mini-B port.
PlayStation Move motion controller memiliki bentuk seperti remote control namun ditambahkan dengan sebuah orb di bagian kepalanya yang dapat menyala berwarna-warni berkat RGB LED yang dipasangkan dibagian dalamnya. Warna-warna yang muncul menandakan keadaan atau status kontroller dan juga sebagai marker. Posisi marker tersebut kemudian akan di tracking oleh Playstation Eye. Sedangkan keadaan atau status kontroller yang dimaksud adalah jarak antara kontroler dengan Playstation Eye. Tracking yang dilakukan Playstation Eye pun dilakukan dalam tiga dimensi dengan tingkat ketelitian dan ketepatan yang sangat tinggi . Dengan petunjuk warna dari kontroler, gamer pun dapat menentukan posisi yang tepat untuk mempergunakannya sehingga dapat meminimalisir terjadinya lag.
Jumlah sensor yang dipasangkan di dalam kontroler berjumlah dua buah. Terdiri dari sebuah three-axis linear accelerometer dan sebuah three-axis angular rate sensor, yang dipergunakan untuk mendeteksi gerakan berputar dan juga gerakan-gerakan lainnya. Magnetometer yang dipasangkan pada kontroler juga berfungsi untuk menyesuaikan orientasi kontroler terhadap magnet Bumi untuk membantu membenarkan error/ drift pada sensor. Dengan seonsor tersebut, sudut mati yang tidak dapat dicapai oleh kamera, misalkan dibalik player atau benda lainnya, sudah tidak menjadi masalah lagi.
Interface yang dapat ditemukan pada kontroler terdiri dari directional pad, action button (Segitiga, Lingkaran, X, Kotak),dan sebuah PS button. Seluruh tombol tersebut sudah disusun menyerupai remote control untuk Blue-ray Player dan dibagian sampingnya diletakkan tombol Select dan Start. Di bagian bawah kontroller, pihak Sony juga masih menyertakan sebuah analog. Dan seperti halnya pada Wii mote, Playstation Move juga menyertakan wrist strap, USB port, dan extension port.
Untuk game yang mendukung 4 player sekaligus. Playstation move juga akan membedakan player satu dengan player lainnya dengan mempergunakan perbedaan warna pada orb pula. Guna mencegah terjadinya error dan mempermudah Playstation Eye memasukkan input data dari beberapa kontroler sekaligus maka Sony lebih mendukung fitur multiplayer dimana gamenya cukup dimainkan mempergunakan 1 kontroler saja. Sedangkan untuk game dengan banyak kontroler, maka sony menjanjikan akan adanya penambahan opsi pada option sistemnya. Seluruh image yang ditangkap oleh playstation eye tetap diproses pada Cell processor yang akan memakan sistem memori sebesar 1-2 Mb.
Sub-controller

PlayStation Move sub-controller merupakan kontroler tambahan yang berfungsi untuk memperlengkapi PlayStation Move, memudahkan gamer untuk memainkan game-game tertentu. Seperti pada Wii-mote, PlayStation Move sub-controller akan menggantikan fungsi D-pad pada PlayStation Wireless Controller. Disana terdapat fitur berupa left analog stick (lengkap dengan fungsi L3), D-pad, tombol L1 danL2 analog, tombol action macam X danO , dan PS button. Karena seluruh kontroler yang ada mengambil dasar dari Wireless Controller, maka Sixaxis atau DualShock 3 controller dapat dipergunakan sebagai PlayStation Move sub-controller pula.

0 komentar:

Posting Komentar

'zyz'iqbal Fan Page