clock

Recent Posts

Rabu, 09 Februari 2011

Nintendo 3DS First Impression


Electronic Entertainment Expo (E3) adalah ajang pameran developer dan publisher dalam memperkenalkan projek game terbaru mereka. Event ini juga digunakan oleh ketiga perusahaan raksasa dalam dunia gaming yakni Microsoft, Sony dan Nintendo untuk memperkenalkan produk-produk andalan mereka. Pihak Microsoft sukses dalam memperkenalkan teknologi “motion sensor” andalan mereka dengan Microsoft Kinect, sedangkan pihak Sony juga ikut bersaing dengan memperlihatkan kehebatan Playstation Move. Namun pihak Nintendo-lah yang berhasil mencuri seluruh perhatian pengunjung dengan produk Nintendo 3DS mereka yang terbaru. Hampir seluruh kalangan gamer memperlihatkan minat yang tinggi dengan Nintendo 3DS dalam event E3 2010 yang diselenggarakan pada bulan Juni lalu.
Nintendo 3DS direncanakan baru akan rilis menjelang awal tahun 2011. Nintendo 3DS juga memiliki fitur yang kompatibel dengan game-game Nintendo DS sebelumnya, termasuk juga software DSiWare untuk Nintendo DSi. Nintendo 3DS tampil dengan pilihan warna produk: Red Case, Blue Case dan Black Case. Pilihan warna Orange Case dan Purple Case juga dikabarkan akan tersedia pada versi final dari produk ini.
 
Hands-On with Nintendo 3DS
Nintendo 3DS menjadi generasi penerus terbaru dalam dunia handheld gaming yang sekarang ini terbukti hampir sepenuhnya dikuasai oleh Nintendo. Nintendo 3DS adalah handheld terbaru Nintendo yang memperkenalkan teknologi visual 3D tanpa harus menggunakan kacamata 3D Vision. Teknologi 3D ini menjadi senjata utama dan kandidat terkuat dalam hal menempatkan posisi Nintendo 3DS sebagai handheld terbaik saat ini.
Jika dilihat dari permukaan, sepintas bentuk Nintendo 3DS hampir mirip dengan Nintendo DS/DSi sebelumnya. Tampilan layar 3D akan langsung menarik perhatian mata pemain ketika pertama kali mencoba handheld ini. Layar 3D dari Nintendo 3DS terlihat mempunyai dimensi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan layar DS biasanya, namun visual grafik yang tampil dalam layar terlihat sangat jernih, penuh warna dan terbukti mampu memperlihatkan tampilan efek 3D. Pada samping layar kita dapat menemukan tombol “3D slider” yang bisa dipakai untuk meningkatkan atau menghilangkan efek 3D yang ditampilkan. Geser tombol tersebut sampai habis, maka visual 3D tersebut akan menjadi full visual 2D. Fitur ini sangat berguna bagi pemain yang ingin bermain game tanpa menggunakan efek 3D atau sekedar ingin mengatur efek 3D yang tampil di layar.
Nintendo 3DS menggunakan spesial efek yang disebut sebagai “Autostereoscopy” sehingga mampu menampilkan grafik stereoskopik pada tampilan layar. Spesial efek ini sering disebut sebagai tampilan efek “3D” yang bisa dilihat tanpa menggunakan alat bantu.
Nintendo 3DS menggunakan teknologi grafik chip terbaru yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang yang bernama Digital Media Profesionals. Grafik chip ini bernama PICA200 yang telah dikembangkan sejak tahun 2006 yang lalu. PICA200 memiliki berbagai macam fitur seperti per-pixel lighting, procedural texture, dan fitur antialiasing. GPU ini mampu menghasilkan 15.3 juta polygons per detik pada kecepatan 200MHz. PICA200 tidak hanya tampil dengan performa kinerja yang memukau, tetapi grafik chip ini juga mampu menghasilkan kualitas visual yang sangat keren bahkan melebihi kualitas visual handheld lainnya saat ini.
Tampilan 3D pada Nintendo 3DS, meski sangat menawan, bukan berarti tanpa kekurangan. Jika kita melihat layar 3D ini dari samping, atau jika layar tersebut bergeser sehingga menampilkan sudut pandang yang berbeda, maka tampilan 3Dnya akan tampak kabur (“blur”) atau sama sekali tidak terlihat. Tergantung dari jenis game yang dimainkan, efek 3D dapat diatur sehingga tampilan di layar dapat ditoleransi sampai sudut pandang tertentu. Namun ada juga sebagian game yang visual 3Dnya sama sekali tidak dapat diatur, sehingga pemain harus menempatkan layar Nintendo 3DS langsung di depan mata.
Selain layar 3D, Nintendo 3DS juga menampilkan fitur tombol analog yang baru. Pihak Nintendo menyebutnya dengan “Slide Pad” yang mempunyai fungsi sama persis dengan kegunaan analog stick di console lainnya. Sama dengan tampilan layar 3D yang langsung nyaman dilihat di mata pemain ketika pertama kali mencoba Nintendo 3DS, analog stick yang baru ini juga langsung terasa nyaman untuk digunakan dalam mencoba berbagai macam game baru. Pihak Nintendo dapat dikatakan mencapai kesuksesan dalam menciptakan handheld terbaik ini. Nintendo 3DS tampil menawan, mempunyai kontrol yang sensitif dan fleksibel, serta membawakan sebuah terobosan baru dalam dunia gaming. Satu hal yang tinggal diperlukan oleh Nintendo 3DS adalah sebuah game mahakarya yang pada akhirnya meresmikan posisi Nintendo 3DS sebagai rajanya handheld.
 
Nintendo 3DS Features & System Specification
Nintendo 3DS tampil menggunakan dua layar monitor dengan grafik chip memakai PICA200. Layar yang diatas mempunyai dimensi 3.53-inch 5:3 dengan fitur layar 3D dan dukungan resolusi 800x240 pixel. Layar atas ini adalah layar yang mampu memproduksi visual efek 3D tanpa menggunakan alat bantu. Sedangkan layar dibawah mempunyai dimensi 3.02-inch 4:3 touch panel dengan dukungan resolusi 320x240 pixel.
 
Sistem fitur yang disediakan oleh Nintendo 3DS hampir sama persis dengan Nintendo DS sebelumnya. Dengan tambahan tombol 3D Slider dan analog stick baru bernama “Slide Pad”. Nintendo 3DS juga mendukung fitur “accelerometer” dan “gyroscope”. Tambahan fitur lainnya adalah port komunikator infra-red yang terletak di atas Nintendo 3DS. Produk ini juga mempunyai tiga kamera digital yang mampu mengambil foto 3D dan merekam video 3D. Satu kamera terletak tepat diatas layar 3D langsung menghadap ke arah muka pemain. Kedua kamera ini mempunyai resolusi 640x480 pixel (0.3 Megapixel). Nintendo 3DS dapat menjalankan video 3D dan sejauh ini telah dikonfirmasikan bahwa pihak Nintendo telah bekerja sama dengan Disney, Warner Bros dan Dreamworks untuk menayangkan film-film 3D dalam produk mereka. Fitur lainnya seperti kemampuan menggunakan teknologi “augmented reality” juga ikut didukung oleh produk ini.
 
Pihak Nintendo menjelaskan bahwa Nintendo 3DS berjalan kompatibel dengan semua game DS dan DSi. Beberapa judul game baru telah dibuat khusus untuk Nintendo 3DS, beberapa diantaranya termasuk: Mario Kart 3DS, Kid Icarus: Uprising, Metal Gear Solid: Snake Eater 3D, Resident Evil: Revelations, Starfox 64 3D, Nintendogs and Cats, dan lebih dari 20 judul game lainnya telah resmi dikonfirmasikan oleh pihak Nintendo. Dari demo awal yang ditampilkan, cartridge untuk Nintendo 3DS mampu menyimpan game data hingga sebesar 2GB. Fitur lainnya termasuk dukungan teknologi Wi-Fi, dimana secara periodik Nintendo 3DS akan melacak lokasi hotspot Wi-Fi dan berusaha menemukan koneksi dengan 3DS lainnya. Sistem ini juga mendukung internet dan kemampuan untuk bermain secara multiplayer. -Rick
 
Nintendo 3DS System Specs:
DIMENSIONS (when closed)
5.3 inches x 2.9 inches x 0.8 inches
WEIGHT
8 ounces
TOP SCREEN
3.53 inch widescreen display / 800x240 resolution (400 pixels for each eye during 3D gameplay)
BOTTOM SCREEN
3.02 inch touch-screen display / 320x240 resolution
GPU
DMP PICA200 IP Core
CAMERAS
Three cameras, two on outer casing, one above top screen / 640x480 resolution (0.3 megapixel)
STORAGE MEDIUM
Cartridge slot for both 3DS and DS cards with 2GB capacity (upgradeable)
WIRELESS
2.4ghz / 802.11 wi-fi / Can communicate with other consoles or internet when in sleep mode / wireless can be switched off to preserve battery life
CONTROLS / INPUT
Touch-screen / D-pad / 360-degree "Slide Pad" (the analog stick) / motion sensor / gyro sensor / 3D "depth slider" can reduce (or even disable) 3D effects in games / Select, Home and Start Button
STYLUS
4-inch stylus (when full extended)
AUDIO
Stereo speakers (includes stereo headphone out jack)
BATTERY
Lithium ion battery
PARENTAL CONTROLS
The 3DS will include parental controls

0 komentar:

Posting Komentar

'zyz'iqbal Fan Page