clock

Recent Posts

Rabu, 09 Februari 2011

Playstation in 2011 and Beyond


Playstation Move Review: A True Wii Killer?
Cukup aneh rasanya kalau kita melihat perkembangan Nintendo Wii yang telah berjalan lebih dari empat tahun lamanya, namun baru sekarang ini kita dapat melihat persaingan sesungguhnya dari saingan Nintendo. Tentu saja mengingat kemunculan Sixaxis Wireless Controller yang tidak bisa dianggap sebagai teknologi motion gaming sejati, ada baiknya untuk pihak Sony mengambil langkah yang hati-hati dalam mengembangkan projek Playstation Move.
Playstation Move adalah motion-sensing game controller yang dibuat khusus untuk platform Sony Playstation 3. Berdasarkan konsep “handheld motion controller wand”, Playstation Move menggunakan kamera Playstation Eye untuk melacak posisi controller Move, sedangkan pergerakannya dideteksi menggunakan sensor inersial. Playstation Move pertama kali diumumkan pada bulan Juni 2009, produk ini secara resmi rilis pada bulan September 2010. Pihak Sony telah menjelaskan kalau produk Playstation Move sengaja diciptakan untuk membawakan terobosan baru ke dalam motion gaming, dan berusaha mengalahkan Wii dari segi presisi dan akurasi pergerakan motion controller.
Teknologi yang digunakan oleh Playstation Move sebenarnya mirip dengan yang ada pada Nintendo Wii… setelah diberi “obat kuat”. Sensor Wii diletakan di depan TV dan memancarkan sinar inframerah yang kemudian ditangkap oleh remote Wii supaya bisa berfungsi. Pada Move terjadi kebalikannya, Playstation Eye yang diletakan di depan TV berusaha untuk mendeteksi pergerakan remote Move. Unit PS3 kemudian dapat memperkirakan jarak controller dengan menggunakan ukuran bola Playstation Move sebagai referensi. Playstation Move bahkan menggunakan efek suara serta bunyi-bunyian in-game yang serupa dengan Wii Remote dan aksesoris tambahan Wii MotionPlus. Hal ini secara tidak langsung memperlihatkan kalau pihak Sony tidak menghadirkan fitur atau inovasi baru, tetapi hanya “mengupgrade” teknologi yang telah ada.
 
Playstation Move: Design & Performance
Rancangan Playstation Move yang paling mencolok adalah bentuk bola bercahaya yang berada di ujung remote controller. Ketika controller sedang tidak digunakan, bola akan berwarna putih hampir menyerupai sebuah bola pingpong. Sedangkan jika Move sedang digunakan, bola tersebut akan berubah warna warni untuk memudahkan deteksi gerakan yang ditangkap oleh Playstation Eye. Pihak Sony menjelaskan kalau perubahan warna bola pada Move tergantung dari kondisi ruangan bermain.
Tampilan permukaan Move memperlihatkan empat button Playstation yang familiar. Namun anehnya keempat tombol ini disusun dalam bentuk segi empat, berbeda dengan tombol pada controller PS3 biasa yang disusun dalam bentuk diamond. Hal ini membuat kebanyakan pemain kurang terbiasa menekan tombol-tombol tersebut ketika pertama kali menggunakan Move. Di tengah-tengah keempat tombol tersebut terletak “Move Button”, sebuah tombol yang secara singkatnya dapat disamakan fungsinya dengan tombol “A” pada Wii Remote. Bagian bawah Move tersimpan tombol “Trigger Button” yang berfungsi sama dengan tombol “B” pada Wii, atau tombol L/R pada PS3 controller. Sedangkan di bagian samping kiri terletak tombol “Select” yang sejujurnya cukup sulit untuk ditekan, namun untungnya tombol ini jarang digunakan. Dan terakhir di bagian samping kanan tersimpan tombol “Start” yang ironisnya dapat secara tidak sengaja terpencet oleh pemain ketika sedang bermain. Playstation Move juga mempunyai konektor micro-USB yang digunakan untuk recharge, sebuah slot untuk tali lengan, dan dua buah konektor misterius yang rencananya akan digunakan untuk tambahan alat-alat aksesoris.
Dalam demo presentasi yang diperlihatkan, Playstation Move berhasil membuktikan dirinya mampu mendeteksi gerakan yang sangat akurat, bahkan akurasi dan presisi tersebut mampu melebihi kemampuan Wii. Meskipun rasanya terlalu ambisius jika mengatakan kalau Move dapat setara dengan akurasi sebuah mouse, tetapi pada kenyataannya Playstation Move mempunyai potensi besar sebagai media untuk game RTS yang biasanya hanya tampil dalam PC. Playstation Move juga dapat berfungsi sebagai pointer untuk navigasi menu XMB pada Playstation 3. Ada beberapa kasus dalam game tertentu, dimana posisi Move harus berada tepat di depan kamera Playstation Eye. Jika pemain berpindah ruangan, dapat dipastikan seluruh fungsi Move tidak akan berjalan.
Salah satu kritik yang dialami Kinect terkait luasnya ruangan bermain yang dibutuhkan. Sayangnya masalah ini juga ditemukan pada Playstation Move. Beberapa game, seperti “Sports Championship” misalnya, mengharuskan pemain berdiri setidaknya 2,5 meter di depan TV. Bahkan dengan jarak ini pun pemain harus mempunyai ruangan tambahan untuk bergerak ke belakang, atau memutarkan badan dan menggoyangkan tangan mereka ke sana-sini. Masalah ruangan ini semakin bertambah ketika pemain bermain multiplayer. Jika pemain bermain hanya dua orang dengan teman lainnya, hal ini mungkin tidak menjadi terlalu masalah, namun jika pemain sudah bermain banyakan sampai empat orang jumlahnya, sebuah ruangan yang cukup luas harus mutlak diperlukan untuk bermain dengan Move. Hal ini membuktikan bahwa tak peduli sehebat apapun teknologi Move, kemampuan ini tetap tergantung pada game-game yang dibuat oleh para developer.
 
The Verdict
Daya tarik utama yang bisa diperoleh dari Move adalah tingkat akurasinya yang sangat tinggi. Selain ini, Playstation Move juga mendukung fitur “Augmented Reality”. Tampilan bola yang bercahaya mungkin dapat terlihat konyol, apalagi jika kalian ditemukan bermain Move pada malam hari dengan bola yang bersinar di kegelapan… Namun hal ini adalah resiko yang harus diterima untuk mendapatkan tingkat akurasi yang tinggi. Playstation Move secara teknisnya terbukti mengalahkan Wii Remote, namun alat ini juga mempunyai masalah ruangan yang dibutuhkan untuk bermain.
Dengan panasnya persaingan antara Move dengan Wii MotionPlus, Move tidak menampilkan sebuah terobosan baru dalam dunia motion gaming. Tetapi produk ini hanya memperbaiki dan meningkatkan teknologi motion gaming hampir mencapai tahap sempurna. Pada akhirnya kemampuan ini tergantung dari pihak developer apakah mereka mampu membuat game-game yang bisa memaksimalkan kemampuan yang dimiliki oleh Playstation Move. Perkembangan motion gaming masih terus berkembang sampai sekarang ini, meskipun teknologi ini tidak sepenuhnya diminati oleh seluruh kalangan gamer, tetapi bagi mereka yang ingin merasakan teknologi motion gaming tercanggih saat ini, Playstation Move adalah sebuah produk yang patut untuk diperoleh.
Product Summary
Name: Playstation Move
Price: 50$ US Dollar (Bundle pack with Playstation Eye = 99.99$)
Accessories: Playstation Eye, Navigation Controller, Optional Playstation Move Charging Station
Pro:
- Tingkat akurasi dan presisi yang sangat akurat.
- Pergerakan yang responsif.
- Fitur kamera memberikan banyak opsi yang dinamis.
- Pengalaman bermain yang baru.
 
Contra:
- Biaya yang mahal.
- Mempunyai masalah dengan luas ruangan bermain.
- “Glowing Orb” yang sudah dipastikan akan memunculkan berbagai macam tanggapan di kalangan pemain.

0 komentar:

Posting Komentar

'zyz'iqbal Fan Page